Menyambut Tasyakuran dan Pelepasan Angkatan B19STAR XIX MINASI 2024 di FIB-UI

Assalamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh Basmallah – Hamdalah – Shalawat

Yang terhormat :

  1. Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Jakarta Selatan, Bpk. H.Muhammad Yunus Hasim, M.Ikom
  2. Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kota Jakarta Selatan, Bpk Masturo, M.Pd
  3. Pengawas Madrasah : Bpk. Dr. H.Yunyun Yunadi, Lc. MA & Ibu Dra. Endang Dwi Haryanti, .M.Pd
  4. Kepala Madrasah Aliyah Al-Azhar Asy-Syarif, Bpk. Wido Prayoga, M.Pd
  5. Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 41 Al-Azhar Asy-Syarif, Ibu Hajjah Dra. Faizah, atau yang mewakili
  6. Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri  6 Jakarta, Ibu Hajjah Tati Rahmawati, M.pd
  7. Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri  8 Jakarta, Ibu Hajjah Nurlela Lubis, Lc
  8. Ketua komite Madrasah Ibtidaiyah Negeri  14 Al-azhar Asy-Syarif, Bapak  Irham Ramdani, S.Ap., M.Pd. beserta jajarannya
  9. Al-asatidz wal asatidzah al-Fudola dan juga tenaga kependidikan yang saya banggakan
  10. Al-Mukarramun wal muhtararomun, para Orangtua/ wali siswa kelas 6 angkatan 19
  11. Dan Abnai wabanati al-izza wal ahibba,  peserta didik kelas 6, yang sebentar lagi secara resmi akan dilepas dan dikembalikan kepada orangtuanya, yang ustadz cintai dan banggakan.

Puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT, karena dengan kudrat dan irodat-Nyalah, kita bisa berkumpul dan bertatap muka di tempat yang terhormat ini dengan kita semua, dalam rangka menghadiri acara tasyakuran dan pelepasan kelas 6  angatan 19 ini. Solawat dan salam senantiasa tercurahkan kepada jungjunan kita semua, baginda nabi besar Muhammad SAW. Berserta keluarga, para sahabatnya, dan ummatnya yang senantiasa menjalankan ajarannya.

Para hadirin hadirat yang dirahmati Allah. izinkan saya sebagai pimpinan Madarasah, menyampaikan

Pertama ;  ucapkan terimakasih atas kehadiran bapak ibu semuanya di acara ini,  wabil khsus kepada kepala kantor kementrian agama kota Jakarta selatan, Karena disela-sela kesibukan dan padat agenda tentunya, beliau masih berkenan menyempatkan untuk hadir di acara yang paling bersejarah dan berkesan terutama bagi kelas 6 angkatan 19 ini. 

Kedua;  atas nama civitas akademika MIN 14 Al-Azhar AsySyarif, mohon dibukakan pintu maaf sebesasar-besarnya atas kekurangan dan kehilafan dalam menyelenggarakan acara yang sangat berkesan ini, karena tentunya masih banyak hal -hal yang tidak berkenan di hati para Bapak ibu, hadirin semuanya. 

Khususnya Kepada para orangtua kelas 6 yang sebentar lagi, putra-putrinya akan dilepas dan kami kembalikan kepada bapak dan ibu semuanya, mohon dibukakan pintu maaf seluas luasnya, karena perjalanan proses pembelajaran kurang lebih 6 tahun, adalah perjalanan yang sangat Panjang dan cukup lama tetapi tidak terasa. Sehingga selama 6 tahun ini kebersamaan kita dalam mendidik putra-putri, tentunya pasti banyak hal-hal yang tidak berkenan dan bahkan jauh dari harapan dan ekspektasi bapak ibu semuanya.

Bapak ibu hadirin yang dimulyakan Allah, Mengenang kondisi Covid 19 sejak empat  tahun lalu. Kurang lebih dua tahun putra-putri menerima pelajaran secara online, belajar jarak jauh dari rumah, tidak ada interaksi sama guru, teman-temannya, bahkan ditambah dengan kedekatan mereka dengan gudget/ atau HP jauh lebih lama, bahkan lepas control ketimbang perhatian mereka terhadap pelajaran pelajaran sekolah, sehingga sangat terpengaruh terhadap proses pencapaian pembelajaran. Maka kami tidak berlebihan kalau kami mengatakan bahwa hal ini sangat dimaklumi dan menjadi sebuah kewajaran, jika peserta didik kelas 6 sekarang sedikit berbeda dengan kelas 6 sebelum masa Covid.

Akan tetapi, meskipun demikian karena dengan modal semangat kembali belajar di sekolah, baik dari putra-putri maupun kami selaku tenaga pendidik dan kependidikan, Alhamdulillah dengan segala kerendahan hati dan rasa syukur kepada Allah SWT, angakatan ke 19 ini ternyata lebih banyak lagi capaian prestasinya, baik dari prestasi akademik maupun prestasi non akademik atau ektrakurikuler. 

Dari prestasi akademik, angkatan 19 ini, ada 3 peserta didik yang berhasil mengikuti KSM sampai tingkat provinsi DKI Jakarta,  bahkan satu peserta didik yang lolos sampai nasional dan Alhamdulillah meraih medali perak atau juara 2 tingkat nasional di kendari, Sulawesi tenggara.

Dari prestasi akademik juga, Terutama dalam program uggulan madrasah, yaitu tahfidz Al-Qur’an, angkatan 19 ini, lebih banyak lagi yang mampu melafalkan hafalannya sebanyak 10 juz dalam sekali duduk, bahkan subhanallah, ada yang mampu  melafalkan hafalannya sebanyak 20 juz dalam sekali duduk.

Izin kami informasikan, capaian prestasi hafalan Al-Qur’an angkatan 19 ini, selama duduk di kelas 6 ini sebagai berikut:

  1. Semua peserta didik Rata-rata sudah menyelesaikan Ujian sertifikasi 3 Juz (21,29 dan 30) yang menjadi SKL atau standar kelulusan. 
  2. Sebanyak 8 peserta didik yang sudah sertifikasi sebanyak 5 juz 
  3. Sebanyak 2 peserta didik yang sudah sertifikasi sebanyak 6 juz 
  4. Sebanyak 2 peserta didik yang sudah sertifikasi sebanyak 7 juz 
  5. Sebanyak 7 peserta didik yang sudah sertifikasi sebanyak 10 juz 
  6. Sebanyak 2 peserta didik yang sudah sertifikasi sebanyak 11 juz 
  7. Sebanyak 1 peserta didik yang sudah sertifikasi sebanyak 12 juz 
  8. Sebanyak 3 peserta didik yang berhasil mengikuti program Uji Publik 5 juz dalam sekali duduk
  9. Sebanyak 2 peserta didik yang berhasil mengikuti program Uji Publik 10 juz dalam 2 kali duduk
  10. Sebanyak 2 peserta didik yang berhasil mengikuti program Uji Publik 10 juz dalam sekali duduk
  11. Dan Alhamdulillah ada  1 peserta didik yang berhasil mengikuti program Uji Publik 20 juz dalam sekali duduk 

Bapak ibu hadirin yang dimulyakan Allah Itulah capaian prestasi hafalan Al-Qur’an yang sudah diraih ole Peserta didik angakatan ke 19  selama kelas 6. Tentunya masih ada lagi prestasi -prestasi di bidang lain, baik dari bidang akademik maupun non akademik. 

Dan secara lembaga, alhamdulillah MIN 14 Al-Azhar Asy-Syarif untuk tahun 2023  termasuk 2 besar  peraih Jakarta Madrasah Award, untuk katagori pretasi peserta didik.  Dan juga dengan angkatan 19 ini MINASI berhasil mendapat dapat Juara 2 Bidang IPA Terintegrasi, Juara 2 Bidang Matematika Terintegrasi, dan Juara 2 Bidang Peragaan Busana Muslim di event Jakarta Madrasah Competicion (JMC) 2023.

Bapak ibu hadirin yang dimulyakan Allah, tentunya prestasi-pretasi yang diraih  ini semua adalah merupakan hasil jerih payah dan usaha dari semua elemen warga MINASI, yang semangatnya tidak pernah kendor,  kerjasamanya tetap solid,  saling mendukung dan saling suport, baik dari Guru dan Tenaga kependididikan, maupun dari orangtua.

Dan kami harap, Tentunya tidak sampai di sini, Mudah-mudahan di masa yang akan datang,  MINASI semakin lebih baik lagi. Semakin banyak lagi peserta didik - peserta didik yang berprestasi. 

Dan masih ada satu lagi, Even Nasional Kementrian Agama yang sangat bergensi dan selalu menjadi impian,  sekaligus menjadi PR buat kami semuanya di akhir tahun ajaran 2024 ini, Yaitu Kompetisi Sain Madrasah (KSM) yang tingkat Nasional-nya akan digelar pada bulan september di Provinsi Maluku. Untuk itu, dengan dibarengi ikhtiar dan usaha kami semaksimal mungkin, dengan mengadakan pembinaan dan seleksi internal putra-putri untuk persiapan even nasioanl yang sangat bergensi ini, sudah berjalan hampir 3 bulan.  Kami sangat membutuhkan dukungan moril maupun materil dari bapak ibu semuanya. Semoga MINASI dapat lolos kembali, dan menghantarkan peserta didiknya ke KSM tingkat Nsional yang akan digelar di Kota Ternate nanti.   Amin yarobbal alamin.

Bapak ibu hadirin yang dimulyakan Allah SWT, dan khususnya Bapak Kepala Kantor, izin menyampaikan juga, terkait kelanjutan peserta didik angkatan 19 ini ke jenjang berikutnya, Alhamdulillah  60 % melanjutkan ke Madrasah Tsanawiyah Negeri, bahkan 50 % nya ke Matasa atau MTsN 41 Al-Azhar Asy-Syarif, 20 % melanjutkan ke pondok pesantren dan 20 % melanjutkan ke SMP, baik SMP Negeri maupun SMP IT.

Itulah terkait kelanjutan belajar angkatan 19 ini ke jenjang berikutnya, yang mana Alhamdulillah 50 % dengan upaya dan usaha kami dalam mensuport peserta didik angkatan 19 ini untuk melanjutkan pembelajaran keAl-Azharannya, di MTsN 41 Al-Azhar Asy-syarif. Apalagi jika sudah punya keinginan untuk melanjutkan langsung ke Al-Azhar Kairo Mesir.

Bapak ibu hadirin yang dimulyakan Allah SWT, Akhirnya, saya mengucapkan syukron jazilan, Terima kasih tak terhingga, kepada seluruh warga MIN 14 Al-Azhar Asy-Syarif, baik dari peserta didik angkatan 19 ini, para ustadz ustdzah tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, para wali kelas 6, ketua program kelas 6, dan korlas, Para koordinator, dan terutama kepada komite Madrasah, yang sudah memberikan dukungan penuh dan kerjasamanya,  baik moril maupun materil untuk memajukan MINASI, khsususnya angkatan 19 ini. 

Tidak lupa juga kami ucapkan alfu alfu syukron beribu-ribu terimakasih kepada kepala Kantor Kementrian agama kota Jakarta selatan, Bpk. H.Muhammad Yunus Hasim, M.I.kom,  yang selama ini beliau terus memberikan motivasi, arahan dan bimbingannya kepada kami semua, semoga Allah SWT senantiasa memberikan kesehatan dan panjang umur kepada beliau. Amin

Bapak ibu hadirin dimuliakan Allah SWt, demikian sambutan dari kami sebagai pimpinan madrasah,  dan kami sekaligus memohon dengan segala hormat,  kepada kepala Kantor Kementrian agama kota Jakarta selatan, untuk memberikan sambutan sekaligus arahan dalam Tasyakuran dan pelepasan kelas 6 angkatan 19 Tahun Pelajaran 2022-2023 ini. 

Terakhir untuk anak-anakku angkatan 19, tentunya tidak ada kata yang terbaik dan terindah disampaikan pada kesempatan ini, selain selamat jalan, dan selamat menempuh dan melanjutkan pembelajaran baru, baik  di madrasah, di sekolah, maupun di pesantren. Kejarlah cita-cita dan mimpi kalian dengan terus dibarengi semangat dan sungguh-sungguh dalam belajar dimanapun tempatnya. Kami, ustadz-ustadzah pasti akan selalu mengingat dan mendoakan, semoga kalian menjadi anak-anak yang solih solihah dan sukses yang selalu berbakti kepada orangtua dan bermanfaat bagi bangsa dan agama. Jagalah nama baik MINASI sebagai almamater kalian di manapun kalian berada, dan tunjukan akhlak yang baik, akhlakul karimah, Akhlak Al-Qur’an yang selama ini kalian selalu membacanya dan menghafalnya. 

Syukron ala ihtimamikum, wal afwu minkum, Terimakasih atas segala perhatiannya, dan mohon maaf atas segala kekurangan dan kehilafan.  Wallahul muwafiq ila aqwamith thariq  Wassalamu’alaikum, wr,wb.






ORDER VIA CHAT

Produk : Menyambut Tasyakuran dan Pelepasan Angkatan B19STAR XIX MINASI 2024 di FIB-UI

Harga :

https://www.ruyatismail.my.id/2024/06/menyambut-tasyakuran-dan-pelepasan.html

ORDER VIA MARKETPLACE

Diskusi